Jika saya (cukup) beriman: Tuhan dan Kehendak

Iseng-iseng saya baca artikel Wikipedia berjudul “Philosopher”. Iseng-iseng saya baca tentang Al Ghazali. Iseng-iseng saya coba berfilsafat secara Islami. (Masih) Iseng-iseng (juga) saya tulis hasil pemikiran saya.

Allah SWT adalah sebab atas segala sesuatu, (istilah kerennya Aristoteles) “penggerak yang tidak digerakkan”. Dalam hal ini, saya coba hubungkan dengan konsep “Kehendak Kuasa” Nietzsche. Maka, kehendak adalah milik Allah SWT. Kehendak ini dicoba pahami oleh saya sebagai sesuatu yang tidak terbatas pada manusia. Dari pelajaran agama yang pernah saya dengar, Adam (manusia) hanya diberi (sebagian) pengetahuan dari Allah SWT. Merujuk ke Arkeologi-Genealogi Foucault, Kehendak memungkinkan adanya pengetahuan dan kekuasaan dan keduanya tidak dapat dipisahkan. Saya berspekulasi bahwa manusia tidak memiliki kehendak, tetapi memiliki semacam ilusi kehendak. Diberinya manusia pengetahuan menyebabkan manusia memiliki kekuasaan. Kekuasaan dan pengetahuan manusia memberi ilusi kehendak, padahal ia tidak memilikinya. Kehendak adalah milik Allah SWT. Allah SWT sebagai pencipta segala sesuatu (tentu saja selain diri-Nya) memberi (opsi) ‘tujuan utama’ pada manusia, yaitu menyembah Allah SWT, berdasarkan suatu konsepsi-Nya atas kebenaran. Namun, dengan pengetahuan dan kekuasaan, manusia dapat menciptakan tujuan-tujuan atau makna-makna hidup yang lain yang berbeda atau bahkan berlawanan. Inilah mengapa ada keberagaman dalam pilihan-pilihan hidup manusia. Dan disinilah, manusia diuji keimanannya.

Sekian.

One thought on “Jika saya (cukup) beriman: Tuhan dan Kehendak

  1. Terlepas dari kenyataan bahwa ini berawal dari iseng-iseng (banyak hal dalam kehidupan saya yang dimulai dengan keisengan), saya menyadari (pada hari di mana saya menulis komentar ini) bahwa saya telah melakukan semacam penafsiran (usaha memahami) yang terlampau dipaksakan. Saya anggap tulisan ini sebagai coretan pengantar (pada berpikir) daripada sebuah produk pemikiran.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s