Tulisan (lawas) tentang menjadi hidup

Book is love, book is life

Ketika aku masih seorang siswa SD kelas 4, aku katakan pada diriku sendiri, “Kalau bisa, aku tidak ingin bekerja. Aku ingin kuliah saja. Tapi mungkin aku tetap harus bekerja.” Aku berpikir mempelajari matematika. Aku, karena, dikenal sebagai si pandai matematika waktu itu. Meskipun nilai matematika ujian nasional SMA ku membuktikan aku adalah orang lemah di subjek itu.
Pada masa pemberontakanku, akhir masa SMP dan awal masa SMA, aku menjadi antisosial. Warnet dan perpustakaan mungkin bisa dikatakan tempat favorit. Aku suka bermain dan membaca, meskipun lebih sering bermain. Karena tidak ada hal lain yang berarti. Setelah bisa mengakhiri masa pemberontakan, aku mengurangi waktuku yang kuberikan untuk bermain dan membaca. Tapi aku tetap menyukainya, terutama keinginanku untuk membaca menjadi semakin besar. “Aku ingin memiliki perpustakaan sendiri, jadi aku bisa menghabiskan waktu hidupku membaca koleksiku,” pikirku.
Gambaranku tentang dunia perkuliahan ketika aku masih SMA adalah di mana orang-orang mengabdikan diri pada buku dan ilmu pengetahuan. Ekspektasi itu dicemari, meskipun. Orang-orang terlalu mempedulikan pengalaman-pengalaman yang terencana untuk pencapaian apa yang mereka sebut kesuksesan. Aku ingin mengutuk, tapi tidak aku lakukan karena itu berlawanan dengan idealisme. Itulah kebebasan.
Aku hampir tidak pernah memikirkan masa depan secara detail, hanya membuat suatu gambaran abstrak yang sepertinya bagus jika bisa tercapai. Dan karenanya, aku bisa mengalir menjelajahi kehidupan. Aku tidak begitu mempermasalahkan aku menjadi apa. Selama aku hidup dan bisa mengalami kehidupan, aku baik dengan itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s